Jumat, 03 Februari 2012

Etika Berkomunikasi Lewat Hp

       Di era modern kaya sekarang gini yang namanya Hp pasti udah gak asing lagi. Bahkan Hp yang tadinya adalah salah satu kebutuhan tresier (Lux) dalam ilmu Ekonomi (padahal gak gitu ngerti amat,hee) sekarang kayaknya udah jadi kebutuhan Primer, ini terlihat karena dari mulai anak SD aja udah banyak yang pake Hp (tau deh dipake apa).
        Mengingat fenomena seperti itu, kadang penggunaan hp tidak menggunakan etika, dan tak jarang hal kayak gitu mengganggu aktifitas orang lain yang mungkin lagi sibuk.
Etika yang harus kita perhatikan sebagai pengguna gadget Hp adalah, sebagai berikut:
  1. Pilihlah waktu yang tepat untuk menghubungi kolega atau seseorang via telepon, karena bisa saja mereka mempunyai kesibukan dan keperluan, mereka juga mempunyai waktu tidur dan istirahat, makan dan bekerja.
  2. Pastikan nomor yang akan anda hubungi, sebelum anda menepon atau mengirimnya sms. Agar anda tidak salah sambung dan kirim kepada orang lain yang akan membuat mereka merasa tergnggu dan risau karena nomor yang belum dikenal.
  3. Baiknya anda bila menggunakan no baru dan hendak menghubugi seseorang, beritahukanlah dulu nama anda, agar tidak membuat mereka penasaran.
  4. Ketika menelpon atau mengirim sms, sebaiknya awali dengan kata “Assalamu’alaikum”  dan dijawab dengan kata “Wa’alaikumsalam.” Begitupun saat mengahiri telpon. Ini diharuskan agar Kebudayaan salam Islam tidak luntur dan dig anti dengan “Hallo”.
  5. Tidak menggunakan Hp orang lain, kecuali dalam keadaan mendesak dan darurat sekali.
  6. Untuk wanita, hendaknya tidak memperindah suaranya saat berbicara via telepon dan juga tidak bicara ngelantur dengan laki-laki.  Allah berfirman, yang artinya:”Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara, sehingga berkeinginanlah orang yang berpenyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik-baik.(QS. Al-Azhab: 32). Maka untuk parawanita haruslah berhati-hati, jangan berbicara diluar kebiasaan dan tidak melantur saat berbicara dengan lawan jenisnya, apalagi memperpanjang pembicaran serta memperindah dan memperlembut serta lain sebagainya, agar t terkesan indah.
  7. Jangan memperpanjang pembicaraan tanpa alas an, karena dikhawatirkan orang yang sedang di hubungi memiliki kesibukan lain atau janji lain dengan orang lain
  8. Tidak menggunakan Hp atau gadget untuk hal-hal yang negative, karena pada hakikatnya Hp adalah sebuah ni’mat dan karunia dari Allah yang diberikan kepada kita untuk digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan yang bermanfaat. Maka oleh karena itu tidak laik apabila Hp tersebut kita gunakan hanya untuk main-main dn melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti menggunakannya untuk berbuat kejahatan, mencari-cari kejelekan orang lain, bergunjing, dan mencemari kehormatan mereka dan menyeret kaum wanita kejurang kenistaan dan lain-lain. karena itu semua hukumnya haram dan pelakunya layak dihukum.      
  9. Dan janganlah kamu memamerkan atau menyombongkan atas apa yang kamu miliki dan merendahkan orang lain dengan apa yang kamu miliki, sesungguhnya itu semua pemberian Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[url=https://www.auroramine.com/?ref=40416][img]https://www.auroramine.com/assets/images/banner/b2.gif[/img][/url]